BNI Wilayah Makassar

BNI Wilayah Makassar siap mengucurkan kredit kepada para petani rumput laut di Sulsel.Untuk sektor ini, BNI mengalokasikan plafon kredit hingga Rp30 miliar. Corporate Executive Officer (CEO) BNI Wilayah Makassar Shadiq Akasya mengatakan, penyaluran kredit untuk petani rumput laut di Sulsel dilakukan melalui skema kemitraan. “BNI tak memberikan kredit langsung kepada petani, tapi memberikan kredit melalui koperasi,” katanya di Makassar, kemarin. Koperasi yang telah ditetapkan akan mendapatkan kredit itu, yaitu Koperasi Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Kospermindo).

“Petani yang layak mendapatkan kredit ditentukan koperasi. Kami tidak banyak terlibat,”ujarnya. Menurut dia, dengan pola seperti itu, koperasi yang akan menentukan sendiri bunga kredit yang diberikan kepada anggotanya atau petani binaan.“ Kami punya keterbatasan tenaga untuk turun hingga ke tingkat petani,”paparnya. BNI juga siap memberikan kredit ke budi daya ubi kayu di beberapa daerah di Sulsel, di antaranya di Kabupaten Bulukumba.“

Targetlahanyangakandigunakanuntukpengembanganubi kayu mencapai 3.000 hingga 3.500 hektare (ha)”katanya. Sementara di Jeneponto, luas lahan yang dibutuhkan untuk pengembangan ubi kayu adalah 4.000-5.000 ha. “Di Kabupaten Bulukumba, saat ini sedang dibangun pabrik tapioka. Ini murni investasi swasta,” ungkapnya. Menurutnya, pola pengembangan ubi kayu tersebut mirip rumput laut.Petani juga punya bapakangkat,yakniperusahaan tapioka.

“Polanya kemitraan. Jadi, di sini harus ada saling kepercayaan antara investor,juga petaninya,”ujarnya. Ketua Umum Asosiasi Petani dan Pengelola Rumput Laut Indonesia (Asperli) Arman Arfan mengatakan, khusus Kospermindo, kredit yang diberikan Rp9 miliar karena banyak juga koperasi lain. Jumlah petani rumput laut yang bernaung di bawah Kospermindo sebanyak 500 petani. “Rata-rata setiap petani mendapatkan modal kerja beragam, mulai Rp9 juta hingga Rp20 juta,”pungkasnya.

Anda sedang membaca artikel BNI Wilayah Makassar dan artikel ini url permalinknya adalah http://jaringanspeedybangsat.blogspot.com/2011/12/bni-wilayah-makassar.html
Semoga artikel BNI Wilayah Makassar ini bisa bermanfaat.

Related Posts

0 komentar:

 
Copyright @ 2012 Nggo Kontes All Rights Reserved