Terjangan angin puting beliung

Terjangan angin puting beliung memorak-porandakan dua ruangan kelas SDN 222 Manajeng Kecamatan Sibulue, pada Minggu (4/11). Akibatnya, puluhan murid di dua kelas tersebut, yakni kelas I dan III, terpaksa dipindahkan belajar ke rumah warga,kemarin. Satu ruang kelas rata dengan tanah, yang satu atapnya terbongkar. Selain merusak dua ruang kelas, puting beliung ini juga merusak 12 rumah warga di Dusun Laiwa, Desa Manajeng, Sibulue. Terdapat 72 jiwa kehilangan tempat tinggal.Rumah rusak tersebut, terutama pada atap yang terbongkar dan dinding yang ambruk.

Rumah rusak ini milik Anwar, Hami, Ramang, Marhuma, Amir, Jumardi, Sainal, Hammade, Nasrung, Iskandar, Nurddin, dan Tipe. Kepala SDN 22 Andi Darmawati mengatakan, akibat peristiwa itu aktivitas belajarmengajar di sekolahnya terganggu. Kondisi kelas rusak memaksa guru memindahkan sebagian murid belajar ke tempat yang lebih aman. Andi Dahniar,salah seorang guru, mengatakan, untuk sementara para murid yang berjumlah puluhan itu terpaksa belajar di rumah warga sekitar, Asmar.

“Tadi pagi terpaksa kami mengajar anak-anak di rumah warga,”ujar dia. Bupati Bone A Idris Galigo bersama Danrem 141 Todopulli Kol (TNI) Syukran Hambali dan Kapolres Bone AKBP R Andria Martinus, meninjau lokasi bencana ini,kemarin.Bupati memberikan bantuan tanggap darurat kepada warga yang kehilangan tempat tinggal. KepadagurudiSDN222, Idris Galigo meminta agar dibangun tenda darurat untuk digunakan murid belajar.

Dia meminta kondisi terbatas itu tidak sampai mengorbankan murid. Di lokasi bencana,Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) membangun satu tenda darurat. Dinas Sosial dan TNI juga menyumbangkan satu tenda. Tiga tenda itu akan dipakai sebagai ruang kelas bagi siswa kelas I dan III SDN 222.

Kerugian akibat bencana ini ditaksir mencapai Rp250 juta. Pemkab Bone berjanji mengganti semua kerugian yang dialami warga tersebut. Khusus kerusakan ruang kelas, Kepala Dinas Pendidikan Bone Taswin Arifin berjanji segera membangunnya dengan mengalokasikan anggaran di APBD 2012.

Anda sedang membaca artikel Terjangan angin puting beliung dan artikel ini url permalinknya adalah http://jaringanspeedybangsat.blogspot.com/2011/12/terjangan-angin-puting-beliung.html
Semoga artikel Terjangan angin puting beliung ini bisa bermanfaat.

Related Posts

0 komentar:

 
Copyright @ 2012 Nggo Kontes All Rights Reserved