Jambore Budaya Serumpun Indonesia-Malaysia

Sekitar 400 peserta Jambore Budaya Serumpun Indonesia-Malaysia mengunjungi objek bersejarah di Kabupaten Gowa, Minggu (4/11). Saat berkunjung ke Istana Balla Lompoa, para peserta Jambore Budaya diterima Wakil Bupati Gowa Abd Razak Badjidu dan beberapa pejabat serta pengurus pramuka. Di antaranya,Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerak Pramuka Indonesia Amroso Katamsi, Wakil Ketua Kwartir Cabang Gowa Rahmansyah, Majelis Pembimbing Kwarcab Gowa Idris Faisal Kadir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gowa Rimba Alam Pangerang, dan para pengurus Kwarda Sulsel, serta Kwarcab Gowa.

Wakil Bupati Gowa Abd Razak Badjidu mengatakan, Jambore Budaya Serumpun ini merupakan titik awal jalinan persaudaraan generasi muda Gowa dan Malaysia. Jambore ini juga sebagai ikrar untuk membina hubungan dua negara. “Selaku wakil pemerintah, saya mengapresiasi Jambore Budaya Serumpun ini. Saya berharap ada ikatan persaudaraan yang kental sehingga hubungan ini terus berkelanjutan,” katanya.

Adapun Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Amroso Katamsi mengucapkan terima kasih terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa atas dukungan terhadap kegiatan Jambore Budaya Serumpun ini. “Tujuan Jambore Budaya sebagai upaya mencapai sasaran pendidikan kepramukaan terhadap kaum muda Indonesia- Malaysia. Dengan demikian, dapat menjadi kader untuk melestarikan budaya kedua bangsa,”ujarnya.

Dalam kunjungannya ke daerah berjuluk Gowa Bersejarah ini, peserta Jambore Budaya Serumpun mengunjungi beberapa tempat bersejarah peninggalan Kerajaan Gowa, yaitu Makam Syekh Yusuf, makam raja-raja Gowa, Masjid Tua Katangka, dan Museum Istana Balla Lompoa. Sebelum peserta Jambore Budaya dua negara ini berkunjung ke tanah kelahiran pahlawan nasional Sultan Hasanuddin, peserta terlebih dahulu mengunjungi Benteng Somba Opu.

Hal itu guna mengenal lebih dekat kebudayaan di Provinsi Sulawesi Selatan. Setelah berkunjung ke Gowa, peserta Jambore Budaya Serumpun ini akan mengunjungi objek wisata alam di Kabupaten Maros. Total peserta Jambore Budaya Serumpun 1.200 orang dari Indonesia-Malaysia. Mereka yang datang merupakan penggalang dari Kwarda se-Indonesia, Kwarcab se-Sulsel, dan Pengakap Muda Malaysia.

Anda sedang membaca artikel Jambore Budaya Serumpun Indonesia-Malaysia dan artikel ini url permalinknya adalah http://jaringanspeedybangsat.blogspot.com/2011/12/jambore-budaya-serumpun-indonesia.html
Semoga artikel Jambore Budaya Serumpun Indonesia-Malaysia ini bisa bermanfaat.

Related Posts

0 komentar:

 
Copyright @ 2012 Nggo Kontes All Rights Reserved